Jumat, 16 Desember 2011

Tentang Frequency Counter

Frequency Counter
Merupakan salah satu tool atau alat ukur untuk mengetahui frekuensi kerja hardware maupun circuit yg mampu mengeluarkan RF.
Dikalangan eksperimenter RF frekuensi counter banyak digunakan. Adapun range kerja kemampuan pengukuran frekuensi tergantung dari fiturnya. Berbagai macam merk dgn fitur mampu membaca/mengukur frekuensi kerja sampai giga hertz.
Dari segi hargapun juga bervariatif, tergantung merk maupun range kerja pembacaannya.

di kalangan teknisi laptop ini hanya digunakan untuk mengecek sinyal wifi saja

Penggunaannya cukup simpel, hanya mendekatkan/menginduksikan dgn hardware maka frekuensi counter akan segera membaca dan menampilkan di displaynya frekuensi yg diukur.
Bisa juga secara langsung/direct dgn memasukkan keluaran hardware ke frekuensi counter dgn batas disesuaikan fitur/kemampuan dari frekuensi counter tersebut.

Dari pengalaman hobbies oprek-oprek transmitter, ternyata frekuensi counter sangat membantu.
Kita membuat satu rangkaian pembangkit frekuensi atau osilator, apakah osilator tersebut sdh bekerja di frekuensi yg kita inginkan? Untuk mengetahuinya secara pasti maka dibutuhkan frekuensi counter.
Pengalaman lain, PLL FM dgn setting frekuensi di 107.70 Mhz. Dan diberi penguat/boster di-tune power maksimal. Dan dipantau ( jarak maksimal pancaran ) dgn receiver digital, ternyata frekuensinya meleset 107,75 Mhz. Dengan bantuan frekuensi counter, kita bisa "meluruskan" frekuensi kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar